Gitar Yang Di curi dari John Lennon laku terjual 2,4 juta dolar AS

beatles

Gitar yang dicuri dari mendiang John Lennon tahun 1960an terjual 2,41 juta dolar AS dalam lelang di Beverly Hills, Sabtu (7/11).

Gitar akustik Gibson J-160E tahun 1962 itu selama beberapa dekade menjadi milik John McCaw, musisi pemula yang membelinya pada akhir 1960an tanpa tahu itu gitar dicuri dari legenda Beatles beberapa tahun sebelumnya, kata juru lelang Darren Julien.

Menurut Julien, separuh dari hasil penjualan gitar yang dicuri dari Lennon usai konser Natal 1963 itu akan diberikan ke Spirit Foundation, organisasi amal yang dibentuk oleh Lennon dan istrinya Yoko Ono.

Keaslian gitar tersebut antara lain diketahui dari kecocokan nomor seri dan serbuk kayunya, kata dia.

Sang pembeli, yang membayar 2,41 juta dolar AS di satu lelang Julien’s Auctions, meminta namanya dirahasiakan.

Meski Lenon hanya memilikinya selama setahun, sejarah gitar itu masyhur.

Lennon membelinya di toko musik Liverpool tahun 1962 dan menggunakannya saat rekaman beberapa lagu Beatles termasuk “P.S. I Love You” dan “Love Me Do” menurut Juliens Auctions.

Dia juga mengatakan bahwa dia memainkannya saat menulis beberapa lagu hit Beatles bersama Paul McCartney seperti “I Want To Hold Your Hand” dan “All My Loving.”

“Ini bagian yang sangat penting bagi karir Lennon dan sejarah Beatles,” katanya.

“Saya tahu ini akan melampaui satu juta dolar AS; Saya tidak menyangka akan sampai dua juta dolar AS lebih,” katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Angka itu melampaui harga 965.000 dolar AS untuk lelang gitar akustik Bob Dylan yang digunakan di Newport Folk Festival 1965 dalam lelang tahun 2013 di Christie’s.

Menurut catatan Guinness World Records, gitar Fender Stratocaster memecahkan rekor dengan nilai jual 2,7 juta dolar AS saat lelang amal di Qatar pada 2005. Gitat itu ditandatangani oleh Keith Richards, Eric Clapton dan Paul McCartney.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*