Kutukan 27 tahun atau disebut juga 27 Club dipercaya terjadi di industri hiburan dunia. Artinya penyanyi dunia meninggal di usia 27 tahun.

Laman Busniess Insider mewartakan, beberapa penyanyi ternama ini tidak bisa mengenyam popularitas dalam waktu yang lama.

Mereka tutup usia pada 27 tahun. Beberapa di antaranya meninggal akibat minuman beralkohol, kecanduan obat terlarang atau dibunuh.

Meski ini disebut hanya mitos, tapi secara kebetulan beberapa penyanyi dunia meninggal dunia pada usia 27 tahun. Siapa saja mereka?

Kurt Cobain menjadi ikon di 27 Club. Penyanyi, gitaris, dan penulis lagu Nirvana itu juga menutup usianya pada umur 27 tahun tepat tanggal 5 Aprill 1994.

Sebelum kematiannya, Kurt Cobain sempat didiagnosa mengidap penyakit bronkitis yang cukup parah. Ia pun diterbangkan ke Roma, Italia, untuk perawatan.

Kurt Cobain juga sempat ditemukan overdosis karena sampanye. Setelah dilarikan ke rumah sakit dan diperbolehkan pulang, Cobain menjalani proses rehabilitasi.

Namun Kurt Cobain melarikan diri dari tempat rehabilitasi dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi di kota asalnya dan menghilang. Publik dihebohkan dengan penemuan Kurt Cobain yang telah tak bernyawa.

Jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington, Amerika Serikat, 3 hari setelah hari kematiannya. Ia juga sempat meninggalkan sebuah surat yang mengisyaratkan bahwa ia sendiri yang ingin mengakhiri hidupnya.

Jimi Hendrix harus menutup usianya di umur 27 tahun. Tepatnya, 18 September 1970 silam.  Ia dinyatakan tewas karena overdosis obat tidur yang ia konsumsi 18 kali melebihi dosis yang dianjurkan.

Ia sangat dikenal sebagai musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris, dan tokoh budaya Amerika Serikat. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia.

Dengan memainkan genre blues dan rock, setidaknya dalam hidupnya yang hanya 27 tahun, Jimi Hendrix berhasil menelurkan puluhan album.

Jimi Hendrix dianggap sebagai jenius musik. Ia telah menelurkan 5 album soundtrack, 30 album kompilasi, 21 album live, dan 8 album studio.

Nama Jim Morrison terkenal sebagai sosok yang kontroversial. Jim Morrison dianggap sebagai jenius musik yang berhasil membesarkan genre Rock and Roll.

Pada 1970, Jim Morrison melakukan hal yang tak biasa saat itu. Ketika manggung di Miami, Amerika Serikat, Jim Morrison mempertontonkan bagian vulgar tubuhnya kepada para penonton.

Jim Morrison dinyatakan bersalah karena mabuk-mabukan dan perbuatan asusila yang dilakukannya. Pada bulan Agustus 1970, Jim menyerahkan diri ke FBI.

Jim Morrison tewas di usia 27 tahun secara misterius. Kepolisian tidak ingin mengotopsi Jim karena tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Kematian Jim dinyatakan wajar. Namun banyak pihak yang mengatakan bahwa Jim tewas karena mengkonsumsi heroin dan kokain.

Amy Winehouse merupakan penyanyi asal Inggris yang merajai deretan tangga lagu ternama berkat suaranya yang unik. Album Back to Black yang rilis 2008 silam membuat Amy Winehouse membawa pulang lima penghargaan Grammy.

Amy Winehouse rupanya mengalami gangguan mental, berperang dengan kecanduan alkohol. Amy Winehouse juga menderita bulimia, kelainan cara makan, yang akhirnya menyebabkan penyiksaan terhadap diri sendiri.

Amy Winehouse ditemukan meninggal di rumahnya di London, Inggris, 23 Juli 2011, pada usia 27 tahun. Penyebab pasti kematian penyanyi Amy Winehouse, yaitu meninggal lantaran keracunan alkohol secara tak sengaja.

Namun demikian, kakak kandung Amy, Alex, mengatakan adiknya meninggal bukan karena narkoba, melainkan lantaran penyakit bulimia yang ia derita.

Janis Joplin disebut sebagai penyanyi legendaris hingga saat ini. Ia merupakan vokalis utama dari Big Brother & The Holding Company.

Sayangnya, popularitas Janis Joplin tak lama. Ia meninggal dunia pada usia 27 tahun, 4 Oktober 1970.

Saat itu, Janis Joplin seharusnya hadir di studio rekaman. Namun ia tak kunjung datang.

Janis Joplin ditemukan tak bernyawa di hotel oleh road manager John Cooke.  Tubuh Janis Joplin tergeletak di lantai sebelah tempat tidurnya.

Polisi memberikan keterangan, Janis Joplin  meninggal dunia akibat overdosis, heroin dicampur minuman alkohol. Manajer Janis Joplin meyakini penyanyi ini tidak sengaja diberikan Heroin dalam dosis yang lebih kuat dari yang biasa ia gunakan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *