Biografi Yovie Widianto

yovie

Yovie Widianto (lahir di Bandung, Jawa Barat, 21 Januari 1968; umur 43 tahun) dikenal sebagai salah satu pendiri dan personel grup musik Kahitna di posisi keyboard. Yovie memang memotori band—yang awalnya bermain fusion jazz dan kemudian berbelok ke pop—itu sejak didirikan pada 1986. Selain itu, Yovie juga dikenal sebagai pencipta lagu ternama di belantika musik Indonesia. Ia bahkan sukses mengorbitkan banyak lagu beserta penyanyinya melalui karya-karyanya yang bernuansa cinta, seperti Rio Febrian, Audy, Tetty Manurung, Rida Sita Dewi, Rita Effendi, Yana Julio, Pinkan Mambo, Delon, Astrid, Chrisye, Glenn Fredly, Lingua, Andity, Ihsan, Dirly, Ghea, Bening, Lisa A.Riyanto, Hedi Yunus, Dea Mirella, Rossa, Ressa Herlambang, Monita, dan sebagainya. Yovie juga menjadi Juri Indonesian Idol 2 menggantikan Dimas Djayadiningrat[1]

Siapa pun tahu dialah yang berperan besar menghidupkan musik Kahitna. Dia komposer, aranjer, music director, pemencet kibor, dan sekaligus juru bicara kelompok yang telah mengeluarkan empat album

itu. Yovie Widianto, bagi Kahitna adalah motor, sekalipun ia selalu membantahnya. “Semuanya ikut menggerakkan Kahitna, ikut memberi sentuhan dan membuat Kahitna solid. Saya hanya kebetulan menjadi komposer, aranjer dan yang mengerahkan warna musik,” ujar Yovie merendah.

Pria kelahiran Bandung, 21 Januari 1968 itu juga dikenal sebagai pencipta lagu-lagu Kahitna dan beberapa penyanyi lain, seperti Chrisye (Untukmu), Rita Effendi(Sebatas Mimpi), Warna (Dalam Hati Saja), The Groove, serta beberapa grup dan penyanyi lain. Ia terbilang amat produktif mencipta lagu, terbukti ia memperoleh royalti tertinggi dari Yayasan Karya Cipta Indonesia tahun 2000.

Apa sih pandangan dia tentang sebuah lagu? “Lagu itu adalah ekspresi. Semudah atau sesulit apapun, jika tanpa ekspresi maka sebuah lagu nggak punya arti apa-apa. Tekniknya tinggi, tapi nggak ada jiwanya. Itu percuma.”

Perjalanan karier musik Yovie terbilang istimewa. Ketika TK dan SD, ia belajar musik di Bina Musika. Di SMP, Yovie sudah mandiri. Ia setiap sore main piano di Hotel Savoy Homan, Bandung, membawakan lagu-lagu klasik dan jazz. “Waktu itu digaji sekitar Rp 15 ribu. Wah rasanya senang banget,” tuturnya mengenang.

Saat SMA, ia belajar menulis lagu dan belajar bidang komposisi dan aransemen kepada Elfa Secioria. Ia bergabung dengan Indonesia 6 dan harus bolak balik Bandung-Jakarta. Grup ini pernah menjuarai festival band di Tokyo, sebelum akhirnya membentuk Kahitna yang juga memenangkan festival Band Explosion tahun 1991.
Yovie Widianto
Yovie Widianto.jpg
Nama lahir     Yovie Widianto
Lahir     21 Januari 1968 (umur 43)
Bendera Indonesia Kota Bandung, Indonesia
Pekerjaan     Musisi, Komposer
Tahun aktif     1986 – sekarang
Mempengaruhi     Kahitna, Yovie & Nuno

Pasangan     Dewayani
Anak     Muhammad Arsy Widianto
Nadhira Tiara

DIKOGRAFI :

Kahitna telah mengeluarkan empat album:
Kahitna (dengan hit Cerita Cinta),
Kahitna II,
Sampai Nanti, dan
Kahitna IV: Permaisuriku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*